Tingkatkan Kualitas SDM dan Lulusan, IAIN Padangsidimpuan Jalin Kerjasama MOU dengan UMN Al Washliyah dan Lembaga Kompetensi Utama Sumatera Utara

Kolaborasi menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berkualitas baru saja dilakukan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan. Upaya pengembangan SDM dan pembelajaran bidang pendidikan ini dijalin melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan UMN Al Wahshilyah, Dinas Perindustrian Kota Medan, Kecamatan Medan Amplas dan Lembaga Kompetensi Utama Sumatera Utara.

“Ini dalam rangka meningkatkan kualitas SDM yang unggul dan melahirkan sarjana dan magister yang siap bersaing di masa mndatang,” ungkap Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL usai penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut, Kamis (28/1/2021).

Menurutnya, nota kesepahaman dengan UMN Al Washliyah tersebut memiliki tujuan saling membangun sinergi baik dalam bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat. Dikatakan, kerja sama yang terdiri dari beberapa poin ini merupakan wujud implementasi peningkatan mutu Tridharma IAIN Padangsidimpuan.

Selain itu, Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL menyampaikan kehadiran Lembaga Kompetensi Utama adalah untuk memberikan jaminan mutu lulusan dalam berbagai bidang sebagaiman tertulis dalam Kurikulum dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesiia (KKNI) yakni adanya Surat Keterangan Pendamping Ijazah bagi setiap lulusan.

“Kerjasama dengan Lembaga Kompetensi Utama penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi setiap lulusan yang tertuang dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Kehadiran Lembaga Kompetensi Utama merupakan jaminan bahwa setiap lulusan benar-benar memiliki kompetensi yang baik,” tambah Rektor IAIN Padangsidimpuan dalam sambutannya.

Sementara, Dr H Hardi Mulyono Surbakti SE, MAP, Rektor UMN Al Washliyah menyampaikan bahwa sinergi dengan IAIN Padangsidimpuan, Dinas Perindustrian, Kecamatan Medan Amplas dan Lembaga Kompetensi Utama bukan hanya melengkapi dokumen akreditasi saja. Melainkan, untuk meningkatkan peran perguruan tinggi dalam masyarakat baik mahasiswanya maupun dosennya. Sehingga masyarakat benar-benar merasakan manfaat perguruan tinggi.

“Perguruan Tinggi harus dapat berkolaborasi dengan dunia industri dan masyarakat dalam menyelesaikan masalah-masalah keummatan. Ini menjadi bukti konkret sinergi dunia industri dengan perguruan tinggi,” tukas Surbakti.

Turut hadir dalam Penandatanganan MoU, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Sumper Mulia Harahap, M.Ag, Direktur Pascasarjana Dr. Erawadi, M.Ag, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Darwis Harahap, M.Ag dan Sekretaris SPI Muhammad Syukri Pulungan, M.Psi sebagai saksi dalam penandatanganan MoU tersebut.

Berikut nota kesepahaman bersama dan kegiatan lain yang disepakati para pihak :

– Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan
– Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat
– Penyelenggaraan Kolaborasi Riset dan Pengembangan Sumber Daya
– Penyelenggaraan Kegiatan Ilmiah, Kajian Ilmiah, Seminar, dan Lokakarya
– Peningkatan dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia

Diakhir kunjungan ini, Dr. Sumper Mulia Harahap, M.Ag selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan kembali menyampaikan bahwa IAIN Padangsidimpuan akan terus berkomitmen menggandeng beberapa instansi juga stake holders dalam rangka kemajuan IAIN Padangsidimpuan.