Studium General Pascasarjana 2022

Padangsidimpuan, 9 Juni 2022 Pascasarjana Program Magister IAIN Padangsidimpuan melaksanakan Studium General dengan tema “Filosofi dan Metodologi Penelitian untuk Pengembangan Budaya Akademik”. Acara dilaksakan secara offline dan dihadiri langsung oleh peserta dan narasumber di Auditorium IAIN Padangsidimpuan.

Rektor IAIN Padangsidimpuan, Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. hadir dan membuka acara. Selain itu turut hadir juga Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Erawadi, M.Ag., Direktur Pascasarjana Dr. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag., Ketua Prodi Ekonomi Syariah Dr. Rukiah, M.Si., Ketua Prodi Komunikasi dan Penyiaran IslamDr. Mohd. Rafiq, S.Ag., M.A., serta Wakil Direktur Pascasarjana Dr. Zulhimma, S.Ag., M.Pd. yang juga sebagai Ketua Panitia pada kegiatan ini.

Rektor IAIN Padangsidimpuan dalam sambutannya menyampaikan “Semoga kehadiran narasumber Prof. Dr. Ismail Arrauf Nasution, M.A. memberikan kita motivasi dan semangat untuk terus belajar. Kami berharap agar para peserta mendengar dengan seksama dan menyimak sehingga target-target selama perkuliahan dapat terwujud.”

Rektor IAIN Padangsidimpuan dalam sambutannya juga menyampaikan “Di Pascasarjana kita sudah mempunyai 5 program studi program magister, yaitu Pendidikan Agama Islam, Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam, Komunikasi Penyiaran Islam, dan Tadris Matematika. Dan kita sedang dalam pengurusan pembukaan program doktor Pendidikan Agama Islam. Pembukaan program doktor ini sangat perlu mengingat sebenta

Narasumber pada kegiatan adalah Prof. Dr. Ismail Arrauf Nasution, M.A. yang baru saja mendapatkan gelar Profesor sekitar 2 minggu yang lalu. Prof. Dr. Ismail Arrauf Nasution, M.A. yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di IAIN Langsa memberikan materi di depan peserta seminar. Materi yang diangkat mengenai filsafat dan metodologi penelitian. “Filsafat merupakan induk dari segala ilmu. Semua ilmu yang ada sekarang, berasal dari sebuah filsafat. Filsafat merupakan sebuah pikiran/renungan yang tidak terbatas, berpikir bebas. Tapi seiring waktu pemikiran itu dibatasi dengan ajaran, pedoman dan sebagainya”, kata beliau dalam penyampaian materinya. Di materi lainnya beliau juga menyampaikan “Persoalan menulis pada mahasiswa masih harus dibenahi, baik itu di kalangan mahasiswa S1, S2, dan bahkan di tingkat S3 juga masih perlu. Dengan membaca, kita bisa melatih penulisan dan konsentrasi”.

Alhamdulillah kegitan berjalan sukses dan lancar sampai selesai.