Workshop Pengolah Data Nvivo dan Smart-PLS 2022

Padangsidimpuan, 1 Juni 2022 Pascasarjana mengadakan pelatihan penggunaan aplikasi pengolah data. Aplikasi yang digunakan yaitu Nvivo dan Smart-PLS. Tema yang diusung pada kegiatan ini yaitu “Peningkatan Kualitas Penelitian Mahasiswa melalui Mix Method Aplikasi (Nvivo dan Smart PLS)”. Kegiatan ini berlangsung secara blended (offline dan online) dimana narasumber hadir melalui aplikasi zoom dan peserta sebagian hadir langsung di Aula IAIN Padangsidimpuan. Peserta yang berhadir berasal dari Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan dan beberapa dosen di IAIN Padangsidimpuan.

Kegiatan ini langsung dibuka oleh Direktur Pascasarjana Dr. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. yang hadir langsung di Aula IAIN Padangsidimpuan. Turut hadir juga Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Perencanaan Keuangan Dr. Anhar, M.A. yang berhadir melalui aplikasi zoom. Hadir juga Dr. Rukiah, M.Si. (Ketua Prodi Ekonomi Syariah) yang bertindak sebagai ketua panitia dalam kesempatan ini.

Direktur Pascasarjana dalam sambutannya menyampaikan “Dengan kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat lebih bagus dalam mengolah data-data penelitian, baik itu untuk tugas-tugas kuliah maupun dalam penyusunan tesis”. Direktur Pascasarjana juga mengharapkan semoga dalam ke depannya kegiatan ini diikuti lebih banyak peserta lagi, seperti mahasiswa dari program studi keseluruhan di Pascasarjana termasuk dosen-dosen di IAIN Padangsidimpuan.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Dr. Aam Slamet Rusydiana, M.E. Beliau menjelaskan dan mempraktikkan penggunaan aplikasi Nvivo dan Smart PLS dengan dibantu oleh asistennya yang bernama Nadia yang merupakan mahasiswa.

Kegiatan ini sempat tertunda 30 menit dikarenakan masalah teknis seperti jaringan yang sempat terputus. Namun setelahnya kegiatan berlangsung lancar sampai selesai dan ditutup oleh Direktur Pascasarjana.