Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan
  Pengusulan pendirian Program Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan dimulai sejak tahun 2012 atas gagasan Rektor IAIN PadangsidimpuanProf Dr. Ibrahim Siregar, MCL beserta seluruh civitas akademika dengan harapan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan berbasis islam dan teknologi serta menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global menghadapi Revolusi Industri 4.0. Proses pendirian diawali dengan benchmark yang dilakukan oleh panitia persiapan pendirian Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan kebeberapa Universitas di Sumatera Utara. Bersamaan dengan kegiatan tersebut, panitia persiapan juga membuat matriks analisis SWOT dan BCG untuk kebutuhan manajemen strategi, dan didapat bahwa nantinya pembangunan Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan memiliki pangsa pasar yang dominan serta pertumbuhan yang cukup cepat. Hasil analisis dituangkan dalam bentuk proposal pendirian Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan kemudian diberikan kepada Mentri Agama Republik Indonesia.

  Setelah proses yang panjang, pada tahun 2013 Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan didirikan dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 747 Tahun 2013 tentang Izin Penyelenggaraan Pascasarjana Program Magister pada Perguruan Tinggi Agama Islam. Sesuai dengan keputusan tersebut secara resmi IAIN Padangsidimpuan memiliki Pascasarjana pertama dan satu-satunya dikawasan Tapanuli Bagian Selatan dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam. Dibawah pimpinan Dr. Erawadi, M. Ag pada tahun 2015 Program Studi Pendidikan Agama Islam berhasil memperoleh Akreditasi B.

  Dalam rangka peningkatan kemampuan mahasiswa menghadapi tantangan global, pada tahun 2016 Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan bersama mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam melakukan kunjungan belajar ke Universiti Kebangsaan Malaysia untuk mengikuti seminar ilmiah dan melakukan pembelajaran kurikulum Pendidikan. Pada tahun 2019 berturut-turut melakukan kunjungan ke Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia, Mengikuti acara ICE SEAM di Singapura, kunjungan ke Universitas Fatoni Thailand dalam rangka visiting study pembelajaran kurikulum.

  Pada tahun 2020 Pascasarjana IAIN Padangsidimpuankembali membuka Program Studi Ekonomi Syariah sesuai dengan analisis kebutuhan yang dilakukan oleh internal Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan. Pembukaan Program Studi Ekonomi Syariah merupakan komitmen dari Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan untuk memenuhi kebutuhan Pendidikan daerah Tapanuli Selatan guna mewujudkan masyarakat yang memiliki kecakapan knowledge dalam perekenomian syariah. Pada tahun yang sama Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan juga kembali melakukan pengusulan pembukaan Program Studi Hukum Keluarga Islam, diharapkan proses pembuakaan tersebut berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

  Akhirnya kini Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan dibawah pimpinan Dr. Erawadi, M. Ag siap berkembang dan bertransformasi menjadi Pascasarjana unggul dan berdaya saing Internasional. Berkat Kerjasama, komitmen dan perjuangan seluruh civitas akademik diharapkan dalam 5 tahun mendatang Pascasarjana IAIN dapat membuka Program Studi lainnya sesuai kebutuhan serta mendapatkan akreditasi unggul dari dalam dan luar negeri.